Desa Budaya Pampang

Kalimantan Timur tidak hanya populer karena wisata baharinya saja, salah satu provinsi di Indonesia ini juga memiliki destinasi wisata budaya yang menarik untuk dikunjungi yaitu Desa Budaya Pampang. Beberapa tahun ke belakang sampai sekarang, tempat ini tengah menjadi sorotan publik terutama bagi mereka yang menyukai wisata budaya dan tertarik untuk mempelajari seni dari Suku Dayak.

Daya Tarik Desa Budaya Pampang

Obyek wisata Desa Budaya Pampang mulai diresmikan pada Juni 1991 lalu oleh Gubernur Kalimantan Timur yaitu HM Ardans. Dengan diresmikannya tempat ini, pemerintah sekitar berharap desa budaya tersebut bisa membantu melestarikan kebiasaan, adat, dan budaya Suku Dayak. Seiring berjalannya waktu, akhirnya tempat ini pun ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal ataupun asing.

Yang menjadi daya tarik destinasi wisata ini adalah suasana khas Suku Dayak yang sangat terasa dan disuguhkan sedetail mungkin. Mulai dari rumah-rumah khas Suku Dayak berbahan kayu yang dikenal dengan istilah Rumah Lamin Adat Pemung Tawa, bentuk rumah yang unik yaitu memanjang ke belakang, sampai berbagai jenis tarian yang akan dipertontonkan kepada para pengunjung.

Selama berkunjung ke Desa Budaya Pampang, ada beberapa jenis tarian yang bisa disaksikan para wisatawan diantaranya tarian Bangen Tawai, Kancet Lasan, Nyalama Sakai, Kanjet Anyam Tali, Ajay Piling, Hudoq, dan tarian Kancet Punan Lettu.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati pagelaran tarian adat di desa budaya ini, sebaiknya datang hari Minggu. Karena pagelarannya hanya diadakan setiap hari Minggu dimulai dari pukul 14.00-15.00 WITA. Sementara itu untuk biaya menonton pertunjukannya para pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp.15.000/orang.

Selesai menonton tarian-tarian yang disuguhkan, para wisatawan memiliki kesempatan untuk berfoto langsung bersama penduduk asli setempat yang mengenakan baju adat Suku Dayak. Jika ingin berfoto dengan penduduk bertelinga panjang, Anda akan dikenakan biaya tambahan.

Fasilitas Wisata Di Desa Budaya Pampang

Saat berkunjung ke obyek wisata ini, para pengunjung bisa membeli oleh-oleh yang ditawarkan para penjual makanan di area desa budaya. Selain makanan, terdapat beberapa penjual yang menjajakan beragam aksesoris khas Suku DayaK seperti gelang, tas dan kalung yang terbuat dari manik-manik.

Lokasi Desa Budaya Pampang

Desa Budaya Pampang terletak di Sungai Siring, Desa Pampang, Kecamatan Samarinda Utara, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur. Dari pusat Kota Samarinda, jarak yang akan ditempuh untuk sampai ke lokasi sekitar 23 kilometer.

Lokasi ini tidak terlalu sulit diakses, karena letaknya berada di sebelah kiri jalan poros sebelum Bandara Sungai Baru. Dari pintu masuk menuju kawasan Desa Dayak para pengunjung harus menempuk jarak kurang lebih 1 kilometer agar bisa sampai di lokasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *